Atasi Sampah Organik, Desa Tibubeneng Buat 40 Lubang Sibiomasi

  • 04 Maret 2020
  • Dibaca: 167 Pengunjung
Atasi Sampah Organik, Desa Tibubeneng Buat 40 Lubang Sibiomasi

Tibubeneng – (DESATBB.BADUNGKAB.GO.ID)

Pemerintah Desa Tibubeneng melalui BUMDes Gentha Persada membuat 40 lubang Sibiomasi berukuran besar dengan diameter 80 cm dan kedalaman 2 meter di sisi barat dan utara Lapangan Segara Perancak, Desa Tibubeneng, Rabu (4/3/2020)

Manager BUMDes Gentha Persada, I Made Dwijantara mengatakan lubang Sibiomasi adalah lubang yang dapat mengolah sampah organik menjadi pupuk dengan bantuan activator. Lubang Sibiomasi selain sebagai pembuatan kompos dapat berfungsi sebagai resapan air hujan.

Sebagaimana diketahui sampah saat ini menjadi masalah besar yang dihadapi oleh semua masyarakat. Melalui pembuatan lubang Sibiomasi tersebut Dwijantara berharap seluruh sampah organik milik desa, warung-warung di seputaran Lapangan Segara Perancak dan sebagian milik warga sekitar dapat diatasi dengan cepat.

Ia juga berharap warga sudah melakukan proses pemilahan dirumah masing-masing karena menurutnya bagaimanapun pengelolaan sampah di desa tidak akan bisa berjalan dengan baik apabila tidak adanya kesadaran dari rumah tangga.

“Karena ini berkaitan dengan program-program desa di awal yang telah meluncurkan bank sampah pada semua banjar, selain itu juga pembagian tempat sampah kepada kepala keluarga yang sudah diterapkan di Banjar Aseman Kangin sebagai pilot project akan diteruskan ke semua banjar. Semua itu kami harapkan dapat mengurangi produksi sampah pada rumah tangga,” ujarnya.

Untuk penanganan sampah residu, akan dikelola BUMDes Gentha Persada melalui TPST (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu) Desa Tibubeneng yang akan segera dibangun. BUMDes Gentha Persada juga akan mensosialisasikan lubang Sibiomasi tersebut ke rumah tangga, banjar dan tempat-tempat umum lainnya.

Kata Dwijantara, BUMDes Gentha Persada dapat memfasilitasi warga yang ingin membuat lubang Sibiomasi. Untuk ukuran rumah tangga besar Lubang Sibiomasi idealnya dibuat 2 lubang besar dan 20 lubang kecil yang berdiameter 10 cm dengan kedalaman 1 sampai 1,5 meter.

Sedangkan untuk rumah tangga kecil bisa membuat lubang kecil saja dengan jumlah 15 atau 20 lubang. Untuk Informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengunjungi kantor BUMDes Gentha Persada Tibubeneng di Jalan Pemelisan Agung Gg Anggrek, Nomor 08, Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, Bali. (003/KIMTBB)

  • 04 Maret 2020
  • Dibaca: 167 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita