UPPKS Tibubeneng Sabet Juara 2 Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi Bali

  • 04 September 2019
  • Dibaca: 174 Pengunjung
UPPKS Tibubeneng Sabet Juara 2 Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi Bali

Denpasar – (DESATBB.BADUNGKAB.GO.ID)

Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Bougenville Desa Tibubeneng berhasil meraih Juara 2 dalam Lomba Cipta Menu/Festival Pangan Lokal “Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman” (B2SA) yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali, Jumat (30/8/2019).

Tampak hadir Gubernur Bali yang diwakili oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Kepala UPT dilingkungan Pemerintah Provinsi Bali, Ketua TP PKK se-Provinsi Bali, Kepala Dinas yang menangani pangan se-Provinsi Bali.

Ketua Pelaksana mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pola konsumsi pangan krama Bali yang beragam, bergizi, seimbang dan aman serta pengurangi ketergantungan bahan pangan pokok berat.

“Kegiatan ini kami selenggarakan dalam rangka meningkatkan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman serta meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menciptakan inovasi B2SA dalam penyediaan sumber pangan dan gizi keluarga,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster mengatakan kegiatan ini sekaligus untuk mengkampanyekan kebijakan tentang pelarangan penggunaan bahan plastik terhadap penyajian makanan di Bali demi menjaga kelestarian lingkungan,

“Kebijakan tentang Pengurangan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai telah mendapat sambutan baik dari masyarakat luas. Salah satu yang dilaksanakan adalah imbauan agar menyiapkan box yang digunakan mendisplasi bahan masakan, supaya menggunakan bahan nonplastik,” ucapnya.

Ketua UPPKS Bougenville Ni Wayan Suhartini mengatakan menu yang dihidangkan berupa nasi keladi kecak yang meliputi nasi merah putih dengan bahan keladi yang dipadukan dengan buah naga, lauk berupa ayam betutu sate lilit tempe sayur kemerdekaan yang meliputi daun kelor, kecamba, wortel dengan bumbu kalas, dan sambal mbe. Sedangkan menu andalannya adalah nasi keladi yang dikombinasikan dengan buah naga dan rempah-rempah.

"Kami berharap kedepannya dapat membuka peluang bagi konsumen yang ingin memesan hasil produk kami dan berharap kepedulian dari pemerintah terkait agar kelompok kami bisa menciptakan inovasi baru sekaligus meningkatkan pendapatan," harapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Tibubeneng Leni Mariani Kamajaya yang mendampingi saat lomba, memberikan apresiasinya kepada Kelompok UPPKS Desa Tibubeneng yang berhasil meraih prestasi dalam lomba tingkat Provinsi Bali tersebut.

“Selamat kepada UPPKS Bougenville Br. Canggu Permai yang telah berhasil meraih prestasi membanggakan dalam ajang ini, semoga kedepannya dapat menjadi contoh bagi yang lain serta bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan sekitar,” pungkasnya. (003/KIMTBB)

  • 04 September 2019
  • Dibaca: 174 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita