Cerita Rakyat Sebagai Warisan Budaya Bangsa

  • 15 Juni 2018
  • Dibaca: 1456 Pengunjung
Cerita Rakyat Sebagai Warisan Budaya Bangsa

Berbicara mengenai pulau Bali langsung teringat akan cerita rakyat yang saya gemari semasa kanak-kanak, serta saat tampil di depan kelas dengan membawakan satu cerita rakyat. Secara umum cerita rakyat adalah cerita yang berasal dari masyarakat dan berkembang dalam masyarakat pada masa lampau. Tentunya dengan memperkenalkan cerita rakyat kepada generasi muda dapat bermanfaat dalam pewarisan nilai moral dari suatu generasi dan memperkecil kesenjangan budaya pada generasi muda.

Seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, apa yang membuat cerita rakyat Bali begitu asing di telinga masyarakat? Pada kenyataan yang terjadi adalah banyaknya media yang menawarkan cerita-cerita yang lebih menarik dibandingkan dengan cerita rakyat lokal itu sendiri. Dari setiap cerita rakyat yang ada selalu terkandung makna dan nilai-nilai moral yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, pelestarian cerita rakyat sangat penting dalam rangka pewarisan nilai dan norma yang ada pada suatu masyarakat.

Bagaimana dengan negara maju? Tentu saja mereka memiliki cerita rakyat, bahkan masih sangat populer di kalangan muda atau bahkan mereka sangat antusias dalam melakukan pelestarian terhadap cerita rakyat. Jepang merupakan salah satu negara maju dalam bidang teknologi dan tidak menyebabkan hilangnya nilai-nilai moral yang berkembang pada kehidupan masyarakat Jepang. Di Jepang juga terdapat cerita rakyat yang sangat populer dan pelestarian cerita rakyat di Jepang yang menggunakan komik sebagai media yang sangat efektif karena dapat mengenalkan budaya membaca terhadap anak dan komik merupakan hiburan yang menarik.

Saya berupaya untuk ikut melestarikan cerita rakyat Bali dengan cara melakukan digitalisasi atau sebuah proses alih media dari bentuk tercetak menjadi bentuk digital dan saya yakin melalui pengemasan kembali ke dalam bentuk yang lebih inovatif akan meningkatkan minat baca seseorang terhadap cerita rakyat dan tentunya membaca akan menjadi lebih menyenangkan. Adapun karya “JAYAPANA DAN LAYONSARI” versi komik digital yang telah diciptakan oleh mahasiswi Sastra Jepang angkatan 2015 di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana. Sangat menarik bukan? Jadi tunggu apa lagi, mari berkarya !!!

Sumber : Ni Luh Desy Purnama Dewi

  • 15 Juni 2018
  • Dibaca: 1456 Pengunjung

Artikel Lainnya

Cari Artikel